Rabu, 18 November 2009

PH Air

Apa pentingnya menjaga kestabilan pH air dan bagaimana cara menaikkan/menurunkan pH air untuk air minum dan ikan hias dengan cara non kimia & kimia ?

PH adalah tingkatan asam basa suatu larutan yang diukur dengan skala 0 s/d 14. Tinggi rendahnya PH air sangat dipengaruhi oleh kandungan mineral lain yang terdapat dalam air.

pH air standar adalah 6,5 s/d 8,5. Semakin rendah (dibawah 6,5 ) disebut asam dan diatas 8,5 disebut basa. Namun yang ideal adalah pH 7 yang disebut netral.

Berikut adalah pH yang normal untuk berbagai penggunaan :

* Air minum mineral antara 6,5 s/d 8,5
* Air minum Reverse Osmosis / Demineral antara 5,0 s/d 7,5
* Ikan hias di Aquarium antara 6,5 s/d 7,5

Pengaruh pH terhadap air adalah sangat besar. Untuk usaha air minum jika pH air terlalu rendah akan berasa pahit / asam, sementara jika terlalu tinggi maka air akan berasa tidak enak (kental/licin).

Untuk ikan hias pH yang terlalu rendah atau tinggi akan menyebabkan ikan tsb mati.

Cara menaikkan pH air

Ada 2 (dua) cara :
1. Non Kimia
Air dari sumur disemburkan ke udara agar terjadi kontak dengan oksigen kemudian dialirkan ke bak terbuka. Pada dasar bak diberi pasir ziolit beberapa karung (disesuaikan dengan ukuran bak) yang sebelum dimasukkan ke dalam bak pasir ziolite tsb harus dicuci sampai bersih. Di dalam bak terbuka ziolit membantu penyerapan oksigen dan menaikkan pH air. Jika menggunakan metode ini dibutuhkan waktu pengendapan lebih dari 2 hari untuk menaikkan pH air dari 4 menjadi 5,5 atau 6. Selain pasir ziolite dapat pula menggunakan kapur gamping yang masih berbentuk bongkahan batu gunung ataupun batu karang yang ditaruh di dasar bak

Metode ini hanya cocok untuk menaikkan pH air sumur yang memang sudah jernih namun ber pH rendah. Jika air sumurnya merah (Fe tinggi) maka setelah urutan di atas harus melalui proses filterisasi lagi yang menggunakan pasir silika,dll yang bahasannya telah banyak saya jelaskan di Website ini.

2. Kimiawi
Air dari sumur bor disemburkan ke udara agar terjadi kontak dengan oksigen kemudian dimasukkan ke dalam bak dan diberi kapur gamping. Untuk 1000 liter air takarannya adalah 2 sendok makan. Metode ini selain dapat menaikkan pH air dari 5 menjadi 7 sekaligus menurunkan zat besi. Proses kenaikkan pH air adalah seketika sedangkan untuk pengendapan memakan waktu 12 s/d 24 jam.

Untuk menaikkan pH air selain kapur gamping dapat pula menggunakan soda ash dengan takaran tertentu. Pemberian bahan ini dilakukan sedikit demi sedikit hingga mencapai pH yang diinginkan. Untuk mengetahui pH air dapat menggunakan PH meter yang harganya dapat dilihat (Klik disini)

Catatan : Cara kimiawi sebaiknya jangan digunakan untuk kolam ikan


Cara menurunkan pH air

Dapat diturunkan dengan Tawas yang sekaligus untuk proses pengendapan. Penggunaan Reverse Osmosis selain dapat menghasilkan air murni / tanpa mineral juga dapat menurunkan pH air dari 7 menjadi 6,5 hingga 5,0

Pembahasan tentang pH air dapat pula dilihat di wikipedia.org


Semoga bermanfaat…..
Sumber : http://www.ditpam-pu.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar